Tips Memilih Mesin Kopi dan Cara Perawatannya bagi Pemula

Berita41 Dilihat

Membersihkan Bagian Luar Mesin Kopi

Langkah pertama dalam perawatan mesin kopi adalah membersihkan bagian luar. Gunakan kain lembut yang telah dibasahi dengan air hangat untuk menghapus debu, noda, atau sisa kopi yang mungkin menempel di permukaan mesin. Pastikan untuk menghindari penggunaan bahan kimia abrasif yang dapat merusak permukaan.

Membersihkan Wadah Drip Tray dan Grounds Bin

Wadah drip tray (wadah penampung tetesan) dan grounds bin (tempat penampungan ampas kopi) adalah tempat di mana sisa air dan ampas kopi terakumulasi. Seringkali, ini menjadi tempat berkembang biaknya jamur atau bakteri. Untuk membersihkannya, cukup lepaskan wadah-wadah tersebut dari mesin dan cuci dengan air hangat dan deterjen ringan. Pastikan untuk mengeringkannya sebelum mengembalikannya ke mesin.

Membersihkan Grinder (Penggiling Kopi)

Jika mesin kopi dilengkapi dengan penggiling kopi, perlu membersihkannya secara berkala. Matikan mesin dan lepaskan grinder. Gunakan kuas yang lembut untuk membersihkan sisa-sisa kopi yang mungkin menempel pada grinder. Beberapa grinder juga dapat dilepas dan dicuci dengan air hangat, tetapi pastikan untuk mengeringkannya dengan baik sebelum memasangnya kembali.

Membersihkan Wadah Air dan Saringan

Wadah air dan saringan adalah komponen penting dalam mesin kopi. Saringan bisa menjadi tempat terbentuknya endapan mineral dari air. Untuk membersihkannya, cukup bilas saringan dengan air panas dan periksa apakah ada endapan mineral yang tersisa. Jika ada, rendam saringan dalam campuran air dan cuka selama beberapa jam, lalu bilas dengan air bersih.

Membersihkan Saluran Pembuangan dan Saluran Air

Untuk menghindari penyumbatan, periksa dan membersihkan saluran pembuangan air secara teratur. Gunakan tusuk gigi atau sikat kecil untuk membersihkan saluran-saluran ini. Pastikan juga untuk menjalankan siklus penyeduhan tanpa kopi secara berkala dengan menggunakan cuka atau produk pembersih yang direkomendasikan oleh produsen mesin kopi.

Baca Juga  Polisi Cek Lokasi Body Checking Finalis Miss Universe, Ternyata Hanya Ditutup Tirai

Merawat Mesin dengan Berkala

Selain membersihkan secara rutin, ada beberapa tindakan perawatan berkala yang dapat membantu menjaga mesin kopi dalam kondisi optimal. Gantilah filter air secara teratur jika mesin kopimu memiliki filter yang dapat diganti. Bersihkan tangki air setidaknya seminggu sekali dan pastikan selalu menggunakan air bersih dan dingin.

 

Penulis: Denisa Aulia

#BreakingBoundariesSeptember

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *