Tidak Hanya Sekadar Seni, Ternyata Bermain Musik Punya Manfaat Bagi Otak Manusia

Berita21 Dilihat

Dilansir dari Village Music School, memainkan alat musik dapat memengaruhi gray matter dan white matter pada otak. Gray matter dapat membantu manusia dalam memproses informasi. Sementara itu, white matter berfungsi manusia untuk mengomunikasikan informasi yang diterima. Terdapat studi yang menunjukkan bahwa orang dewasa yang bermain musik memiliki jumlah gray matter lebih banyak daripada orang dewasa yang tidak bermain musik. Para ilmuwan dari Harvard Medical School mengasumsikan bahwa jumlah gray matter pada otak musisi dewasa ini diakibatkan oleh latihan yang dilakukan secara terus-menerus hingga mahir dalam memainkan instrumen musik pilihannya. Otak musisi beradaptasi dengan pengulangan gerak motorik, sehingga membuat ruang untuk gray matter lebih berkembang.

Saat bermain musik, otak kiri dan otak kanan manusia bekerja sama. Otak kiri yang dominan kemampuan berbahasa dan matematis dengan otak kanan yang dominan pada kreativitas bekerja sama untuk memahami kompleksitas instrumen musik. Jika berlatih bermain musik, kemampuan untuk membaca notasi nada hingga mengekspresikan aksen melalui alat musik membutuhkan kemampuan maksimal dari kedua bagian otak.

Meningkatkan kesehatan otak saat penuaan

Dilansir dari BBC News, terdapat studi yang menunjukkan bahwa orang yang bermain musik memiliki keunggulan dalam hal kesehatan otak, terutama saat mengalami penuaan. Bermain musik dapat meningkatkan kemampuan dalam mengigat dan kemampuan dalam The menyelesaikan pekerjana-pekerjaan yang rumit. Dalam studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Geriatric Psychiatry, lebih dari 1.100 orang berusia lebih dari 40 dan rata-rata 68 tahun diteliti untuk melihat efek dari bermain alat musik, bernyanyi, dan mendengarkan musik. Mereka yang ada di dalam penelitian itu menunjukkan peningkatan keaktifan kerja otak yang menghindari mereka dari penyakit seperti dimensia. 

Baca Juga  Iriana Jokowi to Receive Bintang RI Adipradana Award Granted by President Joko Widodo

Penulis: FIMELA Karina Alya

#Unlocking The Limitless

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *