Teh Jadi Minuman Banyak Manfaat, Ini Khasiatnya bagi Kesehatan

Berita141 Dilihat

Bukan menjadi rahasia publik lagi, teh merupakan salah satu bahan dasar yang mudah ditemui dan memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Berikut adalah tiga manfaat teh untuk kecantika,

Dapat membantu melawan radikal bebas

Dilansir oleh Teamiblends.com, teh mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas. Radikal bebas sendiri dapat menyebabkan perubahan warna (hiperpigmentasi), kulit kusam, berjerawat, garis halus, dan keriput di kulit wajah. Radikal bebas bisa terjadi pada kulit karena terpapar debu atau kotoran yang terdapat pada lingkungan sekitar. 

Jika Sahabat FIMELA mengalami kendala seperti yang disebutkan sebelumnya, sangat disarankan untuk menggunakan teh chamomile. Umumnya, teh chamomile berguna untuk meregenerasi kulit dan mengencangkan pori-pori. Selain itu teh chamomile juga dapat menyejukan kulit, teh jenis ini sering digunakan secara berabad-abad untuk meningkatkan penyembuhan kulit dan pelembutan kulit.

Membantu melawan jerawat

Salah satu dari sekian banyak hal yang paling menyebalkan dari permasalahan kulit adalah jerawat. Apalagi jerawat dapat membuat kulit sakit, menyebabkan kemerahan sekitar jerawat, mengelupas dan kulit yang tidak merata. 

Dilansir oleh Teamiblends.com, jika Sahabat FIMELA mengalami permasalahan ini, teh yang paling disarankan adalah teh hijau alias green tea. Teh hijau memiliki nutrisi yang mampu melawan jerawat. Salah satu komponen yang paling bermanfaat pada teh adalah epigallocatechin gallate (EGCG). Dalam studi yang dilakukan pada 2017, menemukan kalau EGCG dapat menurunkan peradangan pada jerawat sebesar 89 persen hanya dalam delapan minggu penggunaan.

Mengurangi kemerahan

Bukan hanya jerawat yang membuat semua orang merasa jengkel dan insecure, kemerahan dan kulit yang tidak merata juga. Kemerahan pada kulit bisa terjadi karena banyak alasan seperti karena jerawat, olahraga, matahari, alergi, dan lain-lain. Teh sendiri memiliki kandungan polifenol yang tinggi sehingga dapat membantu mengurangi iritasi kulit, peradangan dan kemerahan.

Baca Juga  Tips untuk Menyimpan Pisau Stainless Steel Agar Tetap Tajam

Dilansir oleh Teamiblends.com, jika Sahabat FIMELA mengalami permasalahan ini, disarankan untuk menggunakan butterfly pea flower tea. Teh ini secara natural akan mengurangi kemerahan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 2018, butterfly pea flower tea juga dapat membantu mengurangi gatal-gatal dan iritasi umum, di mana dua faktor tersebut adalah penyebab dari kemerahan.

Berikut adalah satu resep masker teh hijau yang bisa kalian buat di rumah.

  1. Satu sendok makan bubuk teh hijau,
  2. Setengah sendok makan madu alami (opsional, jika kalian ingin menggunakannya lebih banyak juga tidak apa-apa),
  3. Mangkok kecil,
  4. Sendok.

Cara membuatnya adalah dengan:

  1. Siapkan mangkok dan sendok terlebih dahulu,
  2. Masukan bubuk teh hijau kedalam mangkok kecil,
  3. Tuangkan madu ke dalam mangkuk kecil yang sudah ada bubuk teh hijau,
  4. Kemudian aduk sampai tercampur dengan rata.

Setelah jadi pakailah ke muka kamu. Diamkan selama 15 menit, kemudian rendam handuk kedalam air hangat dan kemudian bersihkan wajahmu dengan handuk tersebut. Lakukan ini dua sampai tiga kali seminggu.

 

 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *