Tak Tunduk Pada Sanksi dan Tekanan Internasional, Junta Niger Kini Ancam Negara ECOWAS jika…

Berita238 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Pada 26 Juli Presiden Mohamed Bazoum ditahan oleh anggota Pengawal Presiden dan pada malamnya, militer mengumumkan bahwa pihaknya telah merebut kekuasaan. Komandan Pengawal Presiden Niger, Jenderal Abdourahamane Tchiani, menyatakan dirinya sebagai kepala pemerintahan transisi dua hari setelah melengserkan Bazoum.

Tak tunduk pada tekanan asing

Pemimpin Junta Niger, Rabu, 2 Agustus, 2023, mengatakan junta tidak akan tunduk pada tekanan untuk mengembalikan Presiden terguling Mohamed Bazoum, meningkatkan kebuntuan dengan blok Afrika Barat yang mengancam akan campur tangan setelah kudeta pekan lalu.

Sanksi ECOWAS

Komunitas Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat (ECOWAS) telah memberlakukan sanksi dan mengatakan dapat mengizinkan penggunaan kekuatan jika para pemimpin kudeta Niger tidak memulihkan kepresidenan Bazoum dalam waktu seminggu sejak Minggu lalu.

Blok tersebut juga mengirim delegasi ke Niger pada Rabu, 2 Agustus 2023, untuk bernegosiasi dengan para perwira militer yang merebut kekuasaan, berharap menemukan solusi diplomatik sebelum mereka harus memutuskan apakah akan melakukan intervensi atau tidak.

Dalam pidato yang disiarkan televisi, Abdourahamane Tiani mengatakan junta “menolak sanksi ini sama sekali dan menolak memberikan ancaman apa pun, dari mana pun asalnya. Kami menolak campur tangan apa pun dalam urusan dalam negeri Niger”.

ECOWAS telah berjuang untuk menahan kemunduran demokrasi di Afrika Barat dan telah bersumpah bahwa kudeta tidak akan lagi ditoleransi setelah pengambilalihan militer di negara-negara anggota Mali, Burkina Faso dan Guinea dan upaya kudeta di Guinea-Bissau dalam dua tahun terakhir.

“Opsi militer adalah opsi terakhir yang ada di atas meja, pilihan terakhir, tetapi kita harus bersiap untuk kemungkinannya,” kata Abdel-Fatau Musah, Komisioner Urusan Politik, Perdamaian dan Keamanan ECOWAS.

“Ada kebutuhan untuk menunjukkan bahwa kita tidak hanya menggonggong tapi juga bisa menggigit,” katanya kepada wartawan pada Rabu pagi, saat kepala pertahanan regional memulai pertemuan dua hari di ibu kota Nigeria, Abuja.

Baca Juga  M5.1 Earthquake Hits Indonesia's Sulawesi



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *