Mengenal Bandwagon Effect, Fenomena Ikut-ikutan Tren

Berita165 Dilihat

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela termasuk salah satu orang yang suka mengikuti tren paling terkini? Misalnya, seperti membuat video challenge viral di Tiktok? Nah, itu bisa disebut sebagai bandwagon effect atau efek ikut-ikutan.

Dilansir dari Investopedia.com, bandwagon effect adalah sebuah fenomena psikologis saat orang melakukan sesuatu karena melihat banyak orang lain melakukannya, terlepas dari apa yang mereka yakini, yang mungkin mereka abaikan. Tindakan tersebut dilakukan karena ingin merasa diterima atau tidak ingin merasa berbeda. Hal ini merupakan salah satu contoh konkret dari tekanan sosial yang kuat dalam kehidupan sehari-hari kita. Bandwagon effect sering terlihat dalam aspek kehidupan sehari-hari, termasuk dalam politik, budaya, dan konsumen.

Bandwagon effect dapat kita lihat dalam konteks politik. Misalnya, saat masa-masa pemilu, beberapa orang memilih atau mendukung kandidat tertentu hanya karena kandidat tersebut populer atau dianggap memiliki potensi akan menang, bukan karena pemahaman yang mendalam tentang pandangan politik ataupun kualifikasi kandidat tersebut. Tentu saja, hal ini dapat memengaruhi hasil akhir pemilu dan kebijakan politik yang diambil.

Pernahkah Sahabat Fimela membeli produk karena teman-teman atau influencer media sosial juga melakukannya? Hal ini juga dapat dikatakan sebagai bandwagon effect. Dalam kasus ini, bandwagon effect dapat menyebabkan pembelian impulsif yang mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan atau preferensi pribadi.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Gibran Tak Diundang ke Acara PDIP di Semarang, FX Hadi Rudyatmo Bantah Ada Keretakan: Tetap Solid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *