Memelihara Kesehatan Selama Puasa, 5 Saran Untuk Kondisi Tubuh yang Prima

Berita17 Dilihat

Sahur adalah makanan sebelum fajar yang dikonsumsi sebelum memulai puasa. Sangat penting untuk mengonsumsi makanan bergizi yang memberikan energi berkelanjutan sepanjang hari. Pilihlah karbohidrat kompleks seperti biji-bijian utuh, buah, dan sayur, serta sumber protein berkualitas seperti telur atau daging tanpa lemak.

Untuk menjaga energi tetap stabil, hindari makanan yang mengandung gula sederhana yang dapat menyebabkan lonjakan dan penurunan energi secara tiba-tiba. Sebaiknya, sahur juga dilengkapi dengan asupan serat yang cukup untuk membantu proses pencernaan selama berpuasa.

2. Pola Makan Berbuka

Makanan untuk berbuka puasa, yang dikenal sebagai iftar, harus seimbang dan mencakup berbagai kelompok makanan. Masukkan sumber protein, seperti kacang-kacangan atau daging tanpa lemak, bersama dengan berbagai sayuran dan buah. Hindari jumlah berlebihan dari makanan gorengan dan makanan manis, karena dapat menyebabkan kelesuan dan penambahan berat badan.

Memulai berbuka dengan makanan yang ringan dan tidak terlalu manis seperti kurma atau air putih dapat membantu tubuh beradaptasi setelah berjam-jam tidak menerima asupan. Setelah itu, lanjutkan dengan makanan utama yang lebih kenyang dan bergizi.

Quoted From Many Source

Baca Juga  11 Arti Mimpi Berenang di Kolam Renang yang Berhubungan dengan Emosi Diri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *