Ketahui Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Beserta Cara Mengatasinya

Berita126 Dilihat

Seperti yang sudah diketahui, keyboard merupakan perangkat penting yang digunakan pada sistem komputer untuk melaksanakan tugas input. Biasanya, keyboard laptop kerap mengalami gangguan yang sering menghambat pekerjaan. Adapun beberapa gangguan pada laptop yang sering dialami para pengguna, seperti tombol sangat keras ketika ditekan, keyboard tidak bisa terdeteksi, hingga keyboard mati atau tidak berfungsi.

Beberapa kerusakan keyboard tersebut memang sangat mengganggu pekerjaan dan sering membuat kesal. Ada dua faktor utama yang menjadi penyebab keyboard laptop tidak berfungsi dengan baik, yakni gangguan pada hardware dan software, lebih jelasnya sebagai berikut:

Gangguan Keyboard pada Hardware

Salah satu penyebab keyboard tidak berfungsi yang paling sering terjadi ialah adanya gangguan pada hardware. Beberapa hal yang kerap menghambat respons pada keyboard seperti adanya debu atau kotoran, terkena cairan, terlalu sering menekan salah satu tombol, hingga gangguan driver keyboard.

Di samping itu, baterai laptop juga terkadang bisa menyebabkan gangguan fungsi pada keyboard, terlebih saat baterai laptop terlalu panas. Hal ini kerap menyebabkan keyboard tidak merespons secara tiba-tiba.

Gangguan Keyboard pada Software

Penyebab keyboard laptop tidak berfungsi berikutnya, yaitu terjadi kerusakan pada perangkat lunak atau software. Biasanya, seluruh keyboard tidak merespons secara tiba-tiba. Hal ini bisa terjadi karena terjadi masalah pada software atau driver laptop.

Selain itu, keyboard juga kerap mengalami gangguan ketika kamu sering menginstal perangkat lunak pihak ketiga dan sering mematikan laptop tanpa perintah Shut Down. Sehingga, akan menyebabkan keyboard tidak bisa merespons atau tidak berfungsi dengan baik.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Penjabat Gubernur DKI Kaji Jam Kerja di Jakarta dengan Fleksibilitas 90 Menit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *