Detik-Detik Proklamasi, 28 Sirine Peringatan Dini Gunung Merapi Bakal Berbunyi Serentak

Berita207 Dilihat

Losergeek.org.CO, Yogyakarta – Wisatawan yang ingin menyaksikan detik-detik proklamasi dengan cara unik bisa menyambangi kawasan destinasi lereng Gunung Merapi Sleman Yogyakarta. Salah satu cara unik memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan akan diadakan di lereng Gunung Merapi pada Kamis, 17 Agustus 2023. Peringatan itu dengan dibunyikannya sirine alat peringatan dini atau early warning system (EWS) di kawasan itu secara serentak pukul 10.00 WIB.

28 Sirine EWS Gunung Merapi Dibunyikan

“Total ada 28 sirine EWS Gunung Merapi akan dibunyikan serentak memperingati hari kemerdekaan esok, masyarakat tak perlu panik,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Makwan, Rabu, 16 Agustus 2023.

Sirine Early Warning System Gunung Merapi yang dibunyikan serentak itu tersebar di sejumlah kecamatan, terutama yang berada di lereng Merapi. Seperti Kecamatan Cangkringan, Kecamatan Pakem, dan Kecamatan Turi. 

Alat EWS itu tersebar paling banyak di Kecamatan Cangkringan yakni 16 unit/titik di antaranya seperti di Kalitengah Lor, Kalitengah Kidul, Srunen, Banjarsari, Ngrangkah, Kliwang, jaranan, hingga Kuwang. Adapun di Kecamatan Pakem sendiri terdapat delapan unit EWS yang tersebar di Pedukuhan Turgo, Pedukuhan Kemiri, Pulowatu, Ngepring, hingga Kaliurang. 

Iklan

Selain itu EWS juga tersebar di Kecamatan Ngemplak sebanyak tiga unit dan di Kecamatan Turi satu unit. Dari 28 unit alat yang sirinenya akan dinyalakan, di dalamnya termasuk alat dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta. 

Pengibarqan Bendera Merah Putih di Bukit Klangon

Selain penyalaan 28 unit EWS Gunung Merapi serentak, pada 16 Agustus 2023 masyarakat di lereng Gunung Merapi, terutama dari Kecamatan Cangkringan, Sleman juga menggelar pengibaran bendera merah putih. Bendera yang dikibarkan itu berukuran 9 x 6 meter di Bukit Klangon, salah satu destinasi favorit, yang berjarak sekitar empat kilometer dari puncak Merapi.

Baca Juga  Giliran Shane Lukas Hadirkan Saksi Meringankan di Kasus Penganiayaan David Ozora

Pilihan Editor: Rayakan HUT Kemerdekaan, Jakarta Aquarium Kibarkan Bendera 25 Meter di Dalam Air



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *