5 Tokoh Pioneer Wanita dalam Dunia Politik Indonesia

Berita32 Dilihat

Fimela.com, Jakarta Representasi wanita dalam dunia politik telah memperkuat prinsip demokrasi yang mengandung ideologi kesetaraan politik bagi seluruh warga negara. Keterwakilan wanita di parlemen dan partisipasinya merupakan hal penting dalam memastikan hadirnya kebijakan-kebijakan yang mendukung, memberdayakan, dan memfasilitasi kebutuhan wanita di berbagai bidang pembangunan.

Melansir dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Titi Eko Rahayu selaku Plt. Sekretaris Kemen PPPA menyampaikan, wanita adalah pembangun peradaban, setiap anak yang lahir di dunia, bertumbuh menjadi pemimpin tidak lepas dari peran wanita. Wanita merupakan individu dengan kepekaan emosional sehingga dampak keterlibatan wanita dalam politik mampu membangun pendekatan-pendekatan keberpihakan yang lebih humanistik dan melibatkan wanita.

Salah satu contoh awal peran wanita sebagai pioneer dalam dunia politik global dimulai dengan aktivisme Raden Adjeng Kartini, yang membuat pertumbuhan gerakan pejuang hak-hak wanita di Indonesia. Perjuangan R.A Kartini untuk hak-hak wanita terus digali oleh generasi setelahnya, termasuk dalam bidang politik. 

Di Indonesia, teoreti kerja politik dan studi ilmu politik mendemonstrasikan bahwa peran wanita dalam pembangunan nasional dan partisipasi politik sedang meningkat, termasuk para tokoh politik wanita yang mengisi posisi di instansi eksekutif dan legislatif. Lalu, siapa saja tokoh pioneer wanita di dunia politik Indonesia?

Quoted From Many Source

Baca Juga  7 Zodiak yang Sangat Cerdas di Balik Sikap Ramahnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *