5 Tips Mengurangi Distraksi untuk Meningkatkan Produktivitas dalam Bekerja

Berita39 Dilihat

1. Tulis tugas-tugas hingga pekerjaan yang dilakukan selama seharian

Agar semakin teratur dan mengurangi distraksi dalam pekerjaan, kamu bisa mencatat tugas dan pekerjaan dalam bentuk log. Misalnya jika atasan menginginkan report setiap siangnya, coba kamu kirim report lebih cepat. Dengan pengaturan tugas ini kamu bisa mengontrol jadwal serta menyesuaikan diri dengan lingkungan pekerjaan. 

2. Atur prioritas pekerjaan

Kamu bisa membagi prioritas pekerjaan yang kamu miliki mulai dari yang urgent hingga dapat diselesaikan di waktu-waktu yang tidak begitu sempit. Selain itu, kamu juga bisa mengatur dengan memilih 1 hingga 2 pekerjaan terlebih dahulu. 

3. Menggunakan teknik yang dapat memfokuskan diri 

Pernah mendengar teknik pomodoro? Selain diterapkan oleh para pelajar, teknik ini juga bisa diterapkan ketika sedang berkerja. Caranya uraikan pekerjaan yang dikerjakan selama 25 menit (4 bagian) kemudian pasang stopwatch dan lakukan pekerjaan hingga stopwatch berbunyi. Setelah itu kamu bisa mengambil short break kemudian mengulangi kembali dan beristirahat lagi hingga keempat kalinya kamu bisa beristirahat selama 45-1 jam. Teknik ini ampuh untuk mengurangi stres kerja hingga menambah fokus. 

4. Selesaikan satu pekerjaan sebelum mengerjakan pekerjaan lain

Agar kamu tidak terdistraksi dengan stress dan tekanan berlebih, sebaiknya kamu mengerjakan satu pekerjaan terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke pekerjaan berikutnya. Menyelesaikan pekerjaan dengan one task first ini juga membantumu untuk memiliki flow kerja yang lebih baik serta mengurangi momen terdistraksi. 

5. Ambil istirahat sejenak

Berkerja terlalu lama dapat membuat performa kerja menjadi berkurang. Jika kamu tidak mengambil jeda maka tubuh pasti akan memberi sinyal padamu. Kamu bisa ambil istirahat dengan melakukan peregangan, bersosialisasi, hingga minum teh. Mengatur waktu beristirahat juga membantumu untuk lebih rileks sepanjang hari serta membantumu lebih fokus pada pekerjaan. 

Baca Juga  5 Kelebihan Istimewa Pemilik Zodiak Pisces yang Wajib Kamu Ketahui

 

Penulis: Tisha Sekar Aji.

Hashtag: #Unlocking the Limitless

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *